Cara Membuat CCTV dari HP Android


Cara Membuat CCTV dari HP Android. teknologi handphone sekarang sudah sangat membantu kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur sebagai alarm sampai tidur lagi jadi penghantar tidur dengan murottal atau lainnya. sekarang teknologi smartphone sangat maju dengan didukung sistem operasi android yang gratis dan terbuka (open source) sehingga memudahkan setiap orang untuk membuat aplikasi apk yang dibutuhkan baik untuk kebutuhan kerja, kuliah, sekolah, dll. seperti seorang ibu hamil dengan mudah dapat mengetahui kemungkinan tanggal dan hari lahir bayi dengan perhitungan tertentu dan berpedoman pada kapan tanggal terakhir terjadi menstruasi atau kemudahan cara jadikan hp cctv untuk memantau rumah atau kantor yang ditinggal pergi seharian atau dalam rangka liburan lama. anda melihat apa saja yang terjadi di kamar atau kantor anda dari jarak jauh menggunakan aplikasi ipcamera apk yang dapat dipantau dari laptop atau komputer rumah yang terhubung internet.

sebelum membahas lebih jauh tentang Cara Membuat CCTV dari HP Android, akan dijelaskan sejenak mengenai hal yang berkaitan dengan tutorial sebelumnya yaitu bagaimana mengatasi laptop windows yang lemot atau lambat dengan menggunakan software ccleaner. ada beberapa sebab yang membuat komputer lelet diantaranya banyaknya software yang terinstal sehingga membuat space di drive c menjadi sedikit bahkan habis. selain itu banyaknya internet cache dari browser baik berupa video, mp3 atau file yang sudah tidak terpakai yagn biasanya terdapat di temp folder. banyaknya service yan terbuka secara otomatis ketika windows pertama kali nyala juga menjadi penyebab laptop lambat. semua penyebab komputer lemot diatas dapat diatasi dengan aplikasi ccleaner dengan mudah dan cepat. informasi lebih lengkap silahkan baca catatan Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows.

jika anda punya handphone android bekas yang sudah tidak dipakai lagi, ada baiknya digunakan untuk bikin cctv dengan hp yang dapat dipakai untuk melihat kondisi kamar atau rumah dari jarak jauh melalui internet. Cara Membuat CCTV dari HP Android sangat mudah dilakukan dan yang dibutuhkan hanya aplikasi cctv apk ipcamera dan handphone android second yang tidak dipakai lagi namun sayang jika dijual karena murah harganya. cara membuat cctv menggunakan hp sangat mudah dan lebih murah daripada membeli cctv (close circuit television) + dvr (digital video recorder) namun hasilnya sesuai dengan kemampuan kamera yang ada di smartphone yang bersangkutan. yang dicoba pada artikel ini adalah hape Samsung Galaxy Star S7262 Duos (samsung gt s7262) dengan camera 2 MP dan kemampuan Video 240p@15fps menggunakan wifi.

namun pada artikel ini tidak sedang membahas tentang hal yang berkaitan dengan cara melihat cctv dari hp atau cara connect cctv ke hp. juga tidak membahas mengenai cara hp android dijadikan cctv lewat bluetooth, tethering wifi (hotspot) atau kabel jaringan. akan tetapi pada saat ini akan diterangkan bagaimana Cara Membuat CCTV dari HP Android menggunakan aplikasi ipcamera apk yang dihubungkan dengan wifi (tanpa kabel). sehingga hp bekas anda dapat digunakan untuk melihat keadaan rumah, kantor atau toko yang ditinggal pulang atau bepergian dalam jangkan waktu lama. membuat cctv dengan hp menggunakan ipcamera dapat dilihat dari web browser atau VLC Media Player yang dapat direkam dan disimpan di smarphone dalam bentuk file yang dapat dilihat di windows. 

Cara Membuat CCTV dari HP Android

alat yang dibutuhkan untuk mencoba hp dijadikan cctv yaitu handphone android, aplikasi ipcamera dan laptop atau komputer yang terhubung wifi serta access point (AP). namun saat ini tidak dibahas tentang bagaimana cara setting AP atau cara connect hp dan laptop ke AP.

pertama, download dan instal ipcamera apk di hp android anda. link unduh aplikasi ada di akhir artikel. kemudian hubungkan laptop dan hp dengan wifi yang ada menjadi satu jaringan. buka software ipcamera yang baru diinstal dan klik Start Server (scroll sampai bawah untuk menemukan) maka camera cctv sudah aktif.
HP jadi CCTV
Klik Start Server
catat URL yang ada di bagian bawah layar handphone. pada contoh kali ini http:10.252.141.67:8080. alamat situs digunakan untuk setting dan merekam video dari cctv lewat web browser. selain via web dapat juga disetting melalui VLC Player. namun pada saat ini akan dijelaskan merekam menggunakan web browser mozilla firefox.
HP jadi CCTV
Catat Alamat URL di bayah layar HP
buka browser yang ada dan ketik alamat URL diatas maka akan terbuka halaman video recorder. pilih Browser pada Video Renderer dan Flash pada Audio Player maka akan muncul tampilan video dari cctv hp android di browser.
HP jadi CCTV
ketikkan alamat URL di browser
HP jadi CCTV
pilih Browser pada Video Renderer
Cara Merekam Video CCTV dari HP Android
klik Record Manual pada Recorder Control untuk mulai merekam video dan klik Stop untuk mengakhiri perekaman. hasil video dapat dilihat pada Video Archive. adapun file perekaman disimpan di memory internal yaitu /storage/sdcard0/ipwebcam_videos dalam bentuk ekstensi webm yang dapat di lihat pada VLC Media Player. adapun video hasil rekaman dapat dilihat di youtube.
HP jadi CCTV
Klik Record Manual
HP jadi CCTV
Hasil Rekaman pada Video Archive
HP jadi CCTV
Letak file hasil perekaman di internal memory
HP jadi CCTV
Hasil rekaman dilihat di VLC Media Player
demikian artikel tentang bagaimana Cara Membuat CCTV dari HP Android dengan menggunakan samsung gt 7262 duos melalui jaringan wifi dan baca juga Cara Perpanjangan SIM Online. terima kasih.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pas.webcam

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat CCTV dari HP Android"