Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows


Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows. pernah mengalami komputer lambat atau lelet? jika pernah, jangan terburu-buru ganti laptop baru atau menjual laptop anda dengan harga rendah. kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membetulkan laptop lemot dengan bantuan software atau ccleaner. is ccleaner good? ccleaner adalah aplikasi yang mumpuni serta gratis untuk mengatasi notebook lemot dengan berbagai macam fitur yang mudah. jika anda pernah mengalami laptop lemot saat dinyalakan atau starting windows, bermain game, internetan (saat browsing) silahkan coba download dan install ccleaner untuk membantu mengatasi laptop lemot windows 8, 7, 10 atau xp. namun sebelum itu akan dijelaskan sebentar mengenai artikel sebelumnya yaitu lokasi servis center asus di banyak kota besar seluruh indonesia. jika laptop anda bermasalah dan masih dalam masa garansi sebaiknya diserahkan ke service resmi notebook anda dan jangan memperbaiki sendiri karena waranty bisa hangus. semua produk asus mendapatkan garansi seperti zenwatch 2, pc gaming, laptop ROG GX700VO, zenfone max atau produk lainnya yang dikeluarkan oleh produsen asus. lebih lengkap silahkan baca Alamat Service Center Asus.

sebelum membeli laptop atau komputer sebaiknya dipastikan dahulu fungsi atau kegunaannya nantinya. apakah notebook tersebut akan digunakan untuk kerja yang berhubungan dengan office saja, main game, rendering video atau hanya untuk browsing dan jualan di internet saja. ini harus jelas, karena system requirement hardware untuk main game warcraft tentu berbeda dengan membuka office dan komputer untuk editing video membutuhkan laptop lebih tinggi dari pada untuk kerja sampingan sebagai internet marketing. jika kebutuhan kerja berat mungkin membutuhkan processor i5 or i7 dengan ram 8gb dan vga 2gb dan berbanding terbalik dengan kebutuhan untuk membuat surat saja, mungkin pentium 4 sudah cukup. hal ini diharapkan hardware tidak menjadi kambing hitam jika komputer lelet nantinya. Cara Mudah Mengatasi Komputer Lambat. adapun Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8, 7 atau 10 umumnya berhubungan dengan software.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang hal yang berkenaan dengan laptop sering not responding atau harga laptop gaming asus murah. tapi akan menerangkan tentang bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8 atau 10 tanpa instal ulang dengan software ccleaner. selain untuk windows tersedia juga CCleaner Android Apk dan for mac. link download ada dikhir artikel. tips yang sama juga dapat digunakan untuk mengatasi notebook lemot pada saat dinyalakan (booting) atau starting windows, main game dan juga saat browsing. jadi jika komputer anda mengalami hal diatas lebih jangan langsung dibawa ke service center resmi kecuali masih garansi atau lemot parah sampai proses booting lebih dari 1 jam karena kemungkinan hardisk bermasalah. lebih baik ikuti tips cek laptop lemot berikut.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

notebook lemot kenapa ? ada banyak kemungkinan masalah yang terjadi jika komputer lambat saat dinyalakan, bermain game atau saat internetan diantaranya banyaknya file temporary tanpa disadari sehingga drive c penuh. selain itu juga karena banyaknya program yang terinstal sehingga banyak service yang berjalan saat startup. alasan lain menumpuknya debu di fan processor atau hardware lain sehingga mengganggu sirkulasi udara dan mengakibatkan overheat. adanya spyware atau adware bahkan virus yang biasanya diakibatkan software bajakan atau cracked juga dari flashdisk yang menancap tanpa disadari. semakin banyak software yang diinstal juga semakin banyak system registry yang dibuat dan tidak dipakai lagi karena aplikasi jarang dipakai.

#1 Hapus Temporary File
sebaiknya delete temp file dilakukan secara berkala misalnya 2 minggu sampai 1 bulan sekali atau kurang dari itu karena jika tidak dilakukan maka kapasitas drive c yang kosong akan berkurang bahkan habis karena penuh. selain file sampah, partisi c penuh diakibatkan recycle bin menampung banyak file yang dihapus sementara baik dari partisi c atau lainnya. selain itu default folder download berada di c semakin memenuhi drive c. sebaiknya folder download diarahkan ke partisi d atau e yang mempunyai kapasitas besar. hal ini bisa diatur pada setting browser firefox, chrome atau ie.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 atau 8 tahap ini dengan menghapus cache, history dan cookies dari browser atau temp file, clipboard, memory dumps dari system windows, silahkan buka Tab Cleaner pada software ccleaner dan beri centang pada item yang akan dihapus atau biarkan saja (default). kemudian klik tombol Analyze untuk mengetahui seberapa besar file yang akan dihapus (biasanya konsumsi terbesar dari recycle bin) atau langsung klik Run Cleaner untuk delete junk file yang banyak menghabis free space di partisi c. menghapus temp file secara manual dengan Windows Disk Cleanup, ketik cleanmgr di RUN untuk menampilkannya.
Tips Notebook Lemot Windows 8
klik Run cleaner untuk hapus junk file
Tips Notebook Lemot Windows 8
biasanya size terbesar di recycle bin
#2 Hapus Service Startup
sebaiknya service atau program yang berjalan ketika windows startup atau baru dinyalakan adalah antivirus saja atau ditambah beberapa software yang dianggap penting, selain itu lebih baik delete atau disable saja. semakin banyak aplikasi yang di instal maka semakin banyak service yang berjalan ketika windows dinyalakan otomatis selain menjalankan windows juga menjalankan asplikasi lain secara bersamaan. ini yang membuat laptop lemot saat starting windows. beberapa contoh service yang perlu dipertimbangkan untuk dihapus antara lain opagent, mobile partner, update schedule, tray agent dll.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows saat dinyalakan adalah dengan System Configuration dengan ketik msconfig pada RUN dan hilangkan centang pada program yang tidak anda inginkan pada Tab Startup. jika menggunakan ccleaner, buka Tab Tools dan klik Startup kemudian Disable semua program yang tidak diperlukan kecuali antivirus dan beberapa service yang dianggap penting.
Tips Notebook Lemot Windows 8
disable program saat startup windows
selain itu uninstal program yang tidak anda butuhkan, jarang dipakai, trial dst. semakin sedikit software yang terinstal maka semakin berkurang penggunaan resource memory. untuk menghapus aplikasi secara manual klik Start Menu - Control Panel - Programs and Features. jika menggunakan ccleaner, klik Tab Tools dan pilih Unistall kemudian Pilih program yang ingin dihapus dan klik Tombol Uninstall.
Tips Notebook Lemot Windows 8
uninstall aplikasi penyusup
#3 Bersihkan Komponen Secara Rutin
paling tidak 1 tahun sekali diusahakan untuk membersihkan hardware laptop dengan cara membongkar dan membersihkan nya dari debu atau kotoran lainnya. hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kuas atau contact cleaner. yang paling menonjol adalah adanya tumpukan debu di fan atau kipas pendingin processor. masalah ini yang menyebabkan sirkulasi udara panas yang tidak lancar sehingga berdampak pada panas yang berlebih atau overheat. debu yang menempel juga berakibat rpm fan menurun dan bahkan tidak bergerak yang mengakibatkan processor panas sekai dan bekerja kurang maksimal. kipas yang mati atau berputar pelan bisa ditandai dengan bagian bawah laptop sangat panas lebih dari biasanya. sirkulasi udara berjalan baik merupakan salah satu Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7,8 or 10. hindari juga meletakkan laptop di permukaan yang empuk seperti kasur atau sofa ketika bekerja karena dapat membuat perputaran udara tidak lancar utamanya fentilasi udara bagian bawah.

#4 Delete Virus, Spyware dan Adware
virus, adware dan spyware juga merupakan masalah yang membuat notebook lemot atau lambat. biasanya masuknya aplikasi tersebut tidak disadari oleh pemilik laptop seperti flashdisk yang terkena virus atau juga download software bajakan + cracker yang telah disusupi spyware dan adware. hal ini dapat diketahui dengan melihat program yang telah diinstal di komputer, jika ada aplikasi yang tidak anda kenal atau ketahui maka dapat dipastikan itu merupakan penyusup. Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows karena adanya virus dengan update antivirus terbaru secara otomatis atau manual (offline). update definitions terbaru dapat di download dari website resmi antivirus yang telah diinstal.

#5 Defrag Hardisk Secara Rutin
sebaiknya anda melakukan defrag file paling tidak 1 bulan sekali jika sibuk sempatkan 2 bulan sekali dimana hal ini juga tergantung dengan frekuensi penggunaan hardisk atau proses manipulasi pada hardware penyimpanan data tersebut. seperti sekretaris, tukang edit video, photoshop editing, drafter atau lainnya. semakin sering create, edit, copy, move dan delete data atau proses instal dan uninstall software maka seharusnya makin rutin mendefrag hardisk. apa gunanya ? hal ini dilakukan untuk menata ulang atau menyusun kembali lokasi file yang terpecah menjadi beberapa fragmen yang bejauhan dari isi hardisk menjadi berdekatan dan rapi sehingga proses membaca dan menulis data semakin cepat. ini perlunya defragmentasi yaitu untuk menjadikan lokasi penyimpanan pada fisik hardisk untuk sebuah file agar berdekatan sehingga memudahkan read data. Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 untuk defragmentasi dengan klik Start Menu dan ketik Disk Defragmenter pada kotak pencarian program. adapun untuk windows 8.1, ketik dfrgui pada RUN maka muncul Optimize Drives.

demikian artikel Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows dan baca juga Cek Tagihan PLN sudah dibayar atau belum. semoga sukses.

Ccleaner Free Download Terbaru


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows"