Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop. saat ini akan sangat menarik karena akan membahas hal yang berkaitan dengan bagaimana cara merekam layar komputer dengan suara yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah. jika anda ingin membuat video tutorial tentang pembelajaran mata kuliah tertentu atau video demonstrasi sebagai syarat skripsi dan TA maka aplikasi untuk merekam layar pc hd yang ringan dan gratis ini dapat diandalkan. software perekam layar monitor tersebut adalah comstudio yang support untuk windows 7, 8 , 10 atau xp baik 32 atau 64 bit. namun sebelum itu akan diterangkan sejenak mengenai materi tutorial sebelumnya yaitu bagaimana cara bongkar laptop atau disassembly sendiri sehingga tidak perlu mengirim ke tukang service jika ada masalah ringan seperti membersihkan kipas processor dari debu, menambah ram atau menganti hardisk jika terjadi kerusakan. info lebih lengkap silahkan baca Cara Bongkar Laptop Toshiba.

seperti telah dikatahui bersama bahwa aplikasi untuk merekam layar pc sangat banyak disediakan di berbagai situs atau website baik yang berbayar (shareware) maupun gratis atau freeware. software merekam layar pc berbayar seperti bandicam, action!, camtasia, dan lainnya dan program yang gratis antara lain camstudio, free screen video recorder, jing, atube catcher, fraps, licecap dan lain sebagainya. khusus licecap digunakan untuk merekam aktifitas layar laptop yang menghasilkan file gif yaitu sebuah gambar gerak yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dari file video. banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan Cara Merekam Layar Laptop selain bahan demo skripsi atau TA yaitu rekam permainan game, praktek mengoperasikan tutorial program office seperti word, excel atau access.

terkadang ada materi yang agak sulit dipahami jika hanya dengan melihat gambar atau membaca tulisan tapi dapat mudah dimengerti dengan bantuan panduan atau petunjuk dalam bentuk video dan suara. seperti cara instalasi hardware, trik bermain game atau panduan teknis mata kuliah tertentu biasanya dalam bidang teknik. jika anda ahli dibidang photoshop atau coreldraw dan ingin membagikan kemampuan anda kepada orang lain dapat membuat panduan dalam bentuk video dengan Cara Merekam Layar Laptop atau desktop menjadi video. dan hasil video bisa di-share di youtube, facebook, blog, website atau situs penyimpanan online lainnya.

mohon maaf pada saat ini tidak sedang menjelaskan hal yang berkenaan dengan bagaimana Cara Merekam Layar Laptop tanpa software atau aplikasi, di hp android, ipad, iphone. tidak juga membahas tentang rekam layar komputer dengan VLC media player. jika ingin tahu info lebih lengkap silahkan baca Cara Merekam layar PC dengan VLC. akan tetapi yang akan dibahas pada saat ini adalah tutorial Cara Merekam Layar Laptop dengan CamStudio yaitu aplikasi untuk merekam layar pc hd dengan suara baik melalui mic maupun melalui speaker. tidak hanya itu saja software perekam monitor komputer gratis ini dapat melakukan perekaman full screen, windows atau bagian tertentu. program open source ini juga mudah digunakan atau user friendly sehingga siapa saja tidak kesulitan untuk merekam aktivitas layar sendiri. file hasil rekaman dari camstudio adalah AVI dan jika ingin swf dapat di convert pada menu Tools kemudian pilih swf producers.
camstudio

Cara Merekam Layar Laptop

sebelum anda mencoba merekam layar komputer dengan suara sebaiknya anda ketahui tentang beberapa hal berikut yaitu tentukan ukuran hasil video avi pada menu Options kemudian klik Video Options. aturlah fps atau frame per second, intinya semakin banyak frame maka semakin besar dan bagus ukuran video dan begitu juga sebaliknya.
klik video option
setting ukuran video
pilihan ukuran rekaman
agar program camstudio tidak ikut terekam ketika mencoba Cara Merekam Layar Laptop dengan suara atau tanpa menggunakan microphone. lebih baik melakukan setting minimize ketika aplikasi mulai proses perekaman sehingga program camstudio otomatis berjalan di background, dengan klik setting Menu Options kemudian klik Program Options dan pilih Minimize Program on Start Recording.
setting minimize camstudio
pilihan suara
selain itu tersedia juga pilihan shortcut dari Cara Merekam Layar Laptop dengan Camstudio yang dapat diatur sesuai kebutuhan. misalnya untuk proses mulai perekaman (Record dan Pause) dengan hanya klik F1 dan untuk berhenti rekam dengan klik F2 saja atau pilihan lainnya. setting tersebut dapat dibuat pada Menu Options kemudian klik Program Options dan pilih Keyboard Shortcut.
setting shortcut

Cara Merekam Layar Laptop dengan CamStudio

1. download dan instal aplikasi perekam layar pc camstudio. link ada diakhir artikel.
2. buka camstudio dan lakukan setting sebagaimana dijelaskan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan anda. kemudian klik tombol Record (bulat merah) untuk mulai rekam.
klik tombol Record (bulat merah)
3. klik tombol Stop (kotak biru) jika proses merekam komputer telah selesai. kemudian muncul jendela penyimpanan, tentukan nama dan lokasi tempat menyimpan video hasil rekaman dan klik tombol Save. contoh hasil video silahkan klik https://www.youtube.com/watch?v=oNk2xbuBTVs
alternatif mematikan camstudio
beri nama video hasil rekaman
hasil video rekaman castudio
setelah selesai merekam layar komputer, hasil rekaman dapat diedit lagi dengan software mengolah vieo seperti windows movie maker, sony vegas, adobe premiere atau video editor lainnya.

demikian artikel Cara Merekam Layar Laptop dengan CamStudio dan baca juga Cara Membuat Label CD Coreldraw. selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Merekam Layar Laptop"

  1. Saya juga pernah pakai CamStudio Gan, memang sangat mudah dan ringan hasilnya. Gratis lagi.

    BalasHapus
  2. makasih tutorialnya mas. sangat jelas sekali. awalnya saya juga sempat bingung bagaimana cara menggunakan camstudio ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. camstudio mudah digunakan kok, sangat userfriendly. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Saya pernah coba install itu software mas, namun agak sedikit berat saat proses record. Mungkin spek latopku yang udah jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan beberapa info, cara merekam layar computer dengan camstudio termasuk ringan. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. makasih gan dikirain camstudio gak bisa full screan makasih yahhh ^^

    BalasHapus